Ads 468x60px

Senin, 23 Mei 2011

MVC itu Apa ?

MVC adalah sebuah pola/pattern dari sebuah struktur penulisan/pembuatan aplikasi dan tidak terpaku pada satu bahasa pemprograman, jadi semua bahasa pemprograman bisa menggunakan pola MVC ini dalam pembuatan aplikasinya. dari sini kita ketahui, bahwa MVC bukan sebuah framework… itu hanya sebuah pola, pola yang bagaimana…?? pola yang memisahkan antara bisnis logic dengan interface serta controller dari sebuah aplikasi… loh apa lagi itu…??
nah, maksudnya begini… MVC terdiri dari Model-View-Controller, dimana Model ini adalah bagian pemisah yang didalam Model ini terdapat bisnis logic atau perintah-perintah yang berhubugan dengan sintax sql atau berhubungan dengan database, contohnya seperti bagian untuk penginputan ke databasenya, itu di handle agar orang yang mengerjakan sintax2 sql ini tidak ribet karena sudah di pisahkan dari bagian viewnya.. kemudian View adalah bagian yang menghandle interaksi antara user dan aplikasi.. istilah kerennya interface.. contoh dari interface ini seperti yahoo messanger yang di install di komp kita.. nah bagian interface itu yang tombol2 layar2 yang bisa di close dan di add teman.. itu contoh interface.. klw di toko2 itu aplikasi kasir nya..
terakhir adalah bagian Controller… sesuai dengan artinya adalah pengaturnya. apa yang di aturnya..?? maksudnya adalah bagian yang menghandle alur dan aturan dari aplikasi yang dibuat. contohnya adalah button di web saat kita click dia akan menuju kemana dan kemana.. nah yang mengatur tentang kepergian atau pergantian halaman itu adalah controller… pada bahasa pemprograman php, MVC ini dapat di handle oleh satu framework saja dan sudah cukup… untuk bahasa pemprograman java, untuk mengimplementasikan MVC ini belum cukup dengan hanya satu framework… di bilang bisa sih bisa.. tapi kurang terstruktur..
Di java memiliki banyak framework yang memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda-beda. Seperti yang saya ketahui itu misalnya, framework hibernate yang terkenal dalam dunia java itu bertugas atau memiliki fungsi yaitu menghandle bagian Model atau yang berhubungan dengan database. Karena hibernate ini memiliki fungsi ORM(Object Relational Management: CMIIW)…yang maksudnya adalah table2 dan field2 yang ada pada db kita diwakilkan oleh object2 yang ada pada program java. Sehingga aplikasi tidak langsung berhubungan dengan database. Di bagian Model ini terdapat beberapa framework lain yang sama fungsinya seperti EJB,Ibatis dan lainnya.
Kemudian adalah bagian View, di java untuk interface dapat menggunakan Swing,Awt yang interaktifnya itu berupa desktop atau swt yang terdapat pada eclipse dan pada aplikasi java webbase itu terdapat jsp dan velocity atau freemaker. dari bagian yang menghandle interface ini terdapat kelebihan dan kekurangan masing2, contoh untuk Swing dengan swt. jika dibandingkan dari kecepatan, maka swt lah pemenangnya, itu dikarenakan swing memiliki beberapa layer untuk sampai ke tampilan user jika dijalankan beda dengan swt yang melewati layer2 yang ada pada swing. tapi swt ini ternyata jarang atau belum banyak digunakan . itu dikarenakan ada perbedaan antara swt di windows dengan di os lain, jadi untuk pindah terdapat konfigurasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar